BERITA

Tingkatkan Pelayanan, Dinas Penanaman Modal Pesisir Barat Permudah Izin Usaha

Rabu, 28 Agustus 2019   Suara Pedia.com   101  

PESISIR BARAT (suarapedia) - Mulai tahun ini tidak lagi perlu dilakukan pendaftaran ulang untuk perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), serta penyederhanaan prosedur dan penghapusan kewajiban biaya administrasi pembaruan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Sesuai dengan terbitnya Surat Edaran(SE) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nomor : 02/M-DAG/SE/2/2017, tentang kemudahan berusaha bagi pelaku usaha dibidang perdagangan. Dalam surat edaran itu juga ditegaskan kewajiban pendaftaran ulang SIUP setiap lima tahun dihapus.

Demikian disampaikan, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Drs. Jon Edwar, M.Pd., Senin (8/5/2017), bahwa pemerintah akan meningkatkan pelayanan dan kemudahan berusaha bagi seluruh pelaku usaha di bidang perdagangan. 

"SIUP merupakan bentuk perizinan perdagangan yang wajib dimiliki setiap pelaku usaha. Sedangkan TDP yakni surat tanda pengesahan yang diberikan kepada perusahaan setelah mendaftarkan perusahaannya," jelasnya.

Lanjut dia, sejak diterbitkannya SE Kemendag itu maka pelaku usaha yang telah memiliki SIUP tidak perlu lagi melakukan pendaftaran ulang karena SIUP berlaku selama perusahaan perdagangan menjalankan kegiatan usaha di bidang perdagangan tersebut.

"Saat ini masih mengajukan surat ke Bupati Pesibar terkait dengan surat edaran Kemendag tersebut, sehingga nanti secepatnya dapat diterapkan di kabupaten ini," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya juga mengimbau kepada pelaku usaha ataupun perusahaan yang telah diberikan izin usaha, jika ada perubahan dalam aktivitas usahanya itu agar segera melaporkan ke Pemkab melalui DPMPTSP untuk dilakukan evaluasi. 

"Nanti akan verifikasi ulang tentang kegiatan perusahaan, sehingga diharapkan perusahaan yang telah habis ataupun mendekati habis masa berlaku perizinannya segera melaporkan tentang kegiatan perusahaannya, jangan sampai ada perusahaan yang tidak melaporkan," tandasnya. (NOVAN)

Sumber : www.suarapedia.com

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Bupati Pesisir Barat Gelar Audiensi dengan Mahasiswa UI

    KRUI (Lampost.co) -- Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal melakukan audensi dengan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) di ruang Batu Gukhi, kompleks perkantoran Bupati Pesisir Barat, Senin (24/6/2019).

    Dampingi Gubernur Istiqlal Buka Pesona Anjungan Pesisir Barat

    BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi didampingi Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H,Bupati Pesisir Barat membuka acara pesona anjungan Pesisir Barat, di PKOR Way Halim, Sabtu (3/8).